Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62696
Title: Peningkatan Kemampuan Siswa Mengungkapkan Isi Cerita melalui Metode Sosiodrama Kelas V SDN 9 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Dekaningsih
Suhartiningsih
Misno
Keywords: Mengungkapkan Isi Cerita
metode sosiodrama
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran dan peningkatan kemampuan mengungkapkan isi cerita siswa setelah menerapkan metode sosiodrama. Masalah yang ditemui dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V ialah kurangnya kemampuan mengungkapkan pendapat tentang isi cerita yang disebabkan oleh perasaan malu, kurang percaya diri, dan kurangnya minat siswa mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo yang terdiri dari 16 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Melalui metode sosiodrama, kemampuan siswa dalam mengungkapkan isi cerita menjadi meningkat. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa. Tahap prasiklus, dari 16 siswa hanya 5 siswa (31%) yang mencapai ketuntasan hasil belajar. Tahap siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 11 siswa (69%). Selanjutnya, pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar sangat meningkat yaitu sebanyak 15 siswa (94%). Jadi, penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Tulungrejo.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62696
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dekaningsih.pdf263.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.