Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62694
Title: Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo Pelajaran 2012/2013
Authors: Rosalina Prilli Ayu Wardhani, Rosalina
Hari Satrijono, Hari
Suhartiningsih, Suhartiningsih
Keywords: Menulis
Narasi Ekspositorik
Media Gambar Berseri
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2012/2013. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2012/2104 dan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi setelah menggunakan media gambar berseri siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2012/2013. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa yaitu 30 terdiri atas 11 laki-laki dan 19 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa proses peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri terdiri atas dua siklus. Setelah tindakan dilakukan dengan menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis karangan narasi, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. Siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 63,3% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 86,7%. Jadi penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis karangan narasi dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62694
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rosalina.pdf272.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.