Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62685
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRayendra Wahyu Bachtiar-
dc.date.accessioned2015-06-23T03:47:57Z-
dc.date.available2015-06-23T03:47:57Z-
dc.date.issued2015-06-23-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62685-
dc.description.abstractPenalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada masih umum dan tidak dikhususkan pada bidang fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika. Metode penelitian pengembangan ini merujuk pada metode R&D Borg and Gall dan Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) Desain produk, (3) Validasi produk, (4) uji coba produk, dan (5) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan sebagai data kelayakan instrumen dan data kualitatif digunakan sebagai acuan revisi produk. Hasil analisis data terhadap validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk instrumen layak digunakan sebagai pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika dan kemampuan penalaran ilmiah fisika dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Hypothetical Deductive dan Empirical Inductive.en_US
dc.description.sponsorshipProgram Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabayaen_US
dc.subjectEmpirical inductive, hypothetical deductive, penalaran ilmiahen_US
dc.titleKajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unejen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
semnas unesa artikel_rayendra wahyu b.pdf13.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.