Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62630
Title: Pengembangan Modul Pembelajaran fisika Berbantuan Animasi Marcomedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Authors: WAHYUNI, Sri
Keywords: MODUL PEMBELAJARAN FISIKA
ANIMASI MACROMEDIA FALASH
HASIL BELAJAR
Issue Date: 28-May-2015
Publisher: FKIP'14
Series/Report no.: pemula;221
Abstract: Modul pembelajaran fisika adalah suatu paket pembelajaran yang memuat satu unit konsep dari bahan pelajaran fisika sebagai salah satu usaha penyelenggaraan pengajaran individual yang memungkinkan mahasiswa menguasai bahan pelajaran secara mandiri. Animasi macromedia flash merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa setelah pembelajaran dengan menggunakan Modul. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran fisika pada mata kuliah Fisika Dasar I. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes, dan pemberian angket. Hasil belajar mahasiswa secara classical sebesar 77,78% lulus dengan predikat nilai minimal B. Mahasiswa juga memberikan respon positif terhadap penggunaan modul pembelajaran fisika pada mata kuliah Fisika Dasar I, hal ini disebabkan karena penggunaan modul pembelajaran fisika disajikan dengan menggunakan macromedia flash sehingga lebih mudah dimengerti oleh mahasiswa, karena visualisasi animasi dapat ditampilkan dalam bentuk interaktif. Sifat interaktif dari animasi akan memungkinkan bagi mahasiswa untuk memanipulasi peristiwa fisis sesuai dengan keinginannya.
Description: Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62630
Appears in Collections:LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sri Wahyuni_pemula_221.pdf278.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.