Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62505
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Hari Arbiantara | - |
dc.contributor.author | Andi Setiawan | - |
dc.contributor.author | Widjonarko | - |
dc.date.accessioned | 2015-05-22T07:41:41Z | - |
dc.date.available | 2015-05-22T07:41:41Z | - |
dc.date.issued | 2015-05-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62505 | - |
dc.description.abstract | Sebuah kegiatan penelitian yang mengimplementasikan desain kontrol BLDC motor berbasis rangkaian logika ke dalam piranti elektronik telah dilakukan untuk diaplikasikan pada mobil listrik yang dikembangkan Universitas Jember. Dalam kegiatan penelitian lanjutan ini dirancang rangkaian kontrol menggunakan IC PALs (Programable Array Logic) dengan Metode Six Step Commutation menggunakan device aplikasi program WinCUPL. Sehingga nantinya didapat sinyal tegangan tiga fasa berbentuk trapezoid untuk memutar motor. Verifikasi sistem kendali menggunakan baterai 12 V, IC PALs sebagai kontrol logika, IC Op-amp sebagai pembangkit gelombang segitiga untuk pengaturan kecepatan motor BLDC 1 kW, rangkaian PWM (duty cycle) yang dirubah menyesuaikan kecepatan yang dikehendaki, Perubahan PWM (duty cycle) pada motor BLDC mempengaruhi kecepatan pada motor BLDC, semakin besar nilai PWM (duty cycle) putaran motor BLDC semakin cepat. Dari hasil pengujian, dapat diketahui saat nilai dutycycle PWM maksimum yaitu 80,4%, didapat kecepatan maksimum sebesar 116,2 rpm. | en_US |
dc.description.sponsorship | Institut Teknologi Nasional Malang | en_US |
dc.subject | PALs, Six Step Commutation, duty cycle, Kontrol, Implementasi | en_US |
dc.title | RANCANG BANGUN KENDALI DIGITAL MOTOR BLDC UNTUK MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Fakultas Teknik |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SEMINAR SENATEK 2015.pdf | 10.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.