Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62462
Title: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas Melalui Metode DiscoveryPada Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 02
Authors: Rani Dwi Hartanti, Rani
Nuriman, Nuriman
Agustiningsih, Agustiningsih
Keywords: metode discovery
aktivitas belajar siswa
hasil belajar siswa
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 dengan tujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B melalui metode discovery. Hal ini dikarenakan di SDN Jember Lor 02 aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian terdiri dari 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode discovery ini sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-B SDN Jember Lor 02 mengalami peningkatan. aktivitas pada siklus I sebesar 65,5% serta peningkatan pada siklus II sebanyak 13,25% menjadi 78,75%. Pada siklus I presentase hasil belajar siswa sebesar 70,3% dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 97,3% sehingga dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27%. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discoverydapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IVB SDN Jember lor 02.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62462
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rani dwi Hartanti.pdf264.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.