Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62455
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFitriya S-
dc.contributor.authorDrs. Albertus Djoko Lesmono, . Albertus M.Si,-
dc.contributor.authorSri Wahyuni, Sri S. Pd., M. Pd.-
dc.date.accessioned2015-05-07T04:06:01Z-
dc.date.available2015-05-07T04:06:01Z-
dc.date.issued2012-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62455-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum yang memiliki validitas yang baik, mengetahui kinerja praktikum siswa dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum fisika yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan petunjuk praktikum fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan angket. Data hasil validasi logic yang diperoleh yaitu penilaian petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual sebesar 2,78 sehingga dapat dikategorikan baik dan layak digunakan untuk uji coba pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan diperoleh bahwa kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual, baik pada aspek kemampuan mengamati dan mencatat hasil praktikum maupun dari aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan dinyatakan baik. Motivasi belajar siswa secara classicalsebesar 92.45% sehingga siswa tergolong sangat termotivasi selama praktikum.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPetunjuk praktikum,en_US
dc.subjectlaboratorium virtual,en_US
dc.subjectkinerja praktikumen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titlePengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory)Pada Pembelajaran Fisika Di SMP/MTsen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fitriya S..pdf191.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.