Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62440
Title: | Fenomena Kecanduan Game Online pada Siswa (Studi Kasus pada Siswa SMK Negeri 2 Jember) |
Authors: | Wulan Rama Dani, Riska Sukidin Ngesti S, Retna |
Keywords: | game online kecanduan perilaku akademis |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa; |
Abstract: | Game online merupakan suatu permainan yang disukai para kalangan remaja saat ini dan salah satunya adalah siswa SMK Negeri 2 Jember. Terdapat perbedaan sudut pandang jika dilihat dari fenomena kecanduan game online yang terjadi pada siswa. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir adanya dampak buruk yang akan terjadi bagi para gamer maka diperlukan sebuah bimbingan dari sekolah dan terutama dari orang tua siswa itu sendiri . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan cara menelaah data, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, mengkategorisasi data, menentukan keabsahan data, dan menafsirkan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif akibat kecanduan game online terhadap pola perilaku akademis siswa dan hasil belajar siswa. Dampak positif dari kecanduan game online yaitu semangat belajar meningkat, konsentrasi meningkat sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa juga meningkat. Dampak negatif dari kecanduan game online yaitu siswa menjadi malas belajar, sulit konsentrasi, serta malas sekolah sehingga hasil belajar yang diperoleh menurun. Untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa, dibutuhkan bimbingan dari guru BK SMK Negeri 2 Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62440 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riska Wulan.pdf | 278.19 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.