Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62433
Title: APLIKASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Authors: Rif’ati Dina Handayani
Keywords: media sosial youtube
pembelajaran fisika
Issue Date: Apr-2015
Publisher: FKIP'14
Series/Report no.: Pemula;222
Abstract: youtube merupakan website yang dapat dipergunakan untuk bertukar video ataupun menyebarkan video. karena begitu pentingnya penggunaan media youtube dalam bertukar informasi maka perlu dilakukan penelitian mengenai aplikasi media sosial youtube dalam pembelajaran fisika. penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial youtube dalam pembelajaran fisika. adapun tahapan yang akan dilakukan dalam penelitian meliputi: analisis konsep dan materi, pembuatan video pembelajaran, unggah video pembelajaran dalam media sosial youtube, melaksanakan pre tes pada kelas eksperimenn, post test, pemberian angket respon mahasiswa, analisa data, pembahasan dan penarikan kesimpulan untuk mencapi tujuan dari penelitian. hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media sosial youtube adalah 82,5, dengan efektifitas pembelajaran 61,7, yang termasuk dalam criteria efektif. sedangkan respon atau tanggapan mahasiswa mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media sosial youtube, kebermanfaatan dalam membantu mahasiswa belajar, secara rata-rata adalah baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial youtube sangat efektif dan baik digunakan dalam proses pembelajaran fisika mata kuliah mekanika materi persamaan lagrange. kata kunci: media sosial youtube, pembelajaran fisika
Description: Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62433
Appears in Collections:LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rif’ati Dina Handayani_pemula_boptn_222.pdf370.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.