Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62407
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Kurnia Eka Maulida | - |
dc.date.accessioned | 2015-04-22T11:55:09Z | - |
dc.date.available | 2015-04-22T11:55:09Z | - |
dc.date.issued | 2015-04-22 | - |
dc.identifier.nim | NIM102310101037 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62407 | - |
dc.description.abstract | Manusia memiliki kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi agar tetap mempertahankan kehidupannya. Secara normal manusia dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Anak cerebral palsy merupakan salah satu individu yang belum bisa memenuhi kebutuhan dasar manusia secara mandiri. Ketergantungan tersebut dapat berlangsung singkat atau seumur hidup sampai anak cerebral palsy dapat beradaptasi dengan hambatan fisiknya guna memenuhi kebutuhan dasar manusia. Pengasuh berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan perkembangan kemandiran anak cerebral palsy. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi riwayat kelahiran anak, riwayat kesehatan anak cerebral palsy, dan mengidentifikasi pengasuhannya. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pengasuhan anak cerebral palsy. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi deskriptif. Saturasi data dicapai pada partisipan kelima. Penelitian dilakukan di tempat yang disepakati oleh partisipan untuk menjaga sifat alamiah dari penelitian. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan melakukan wawancara mendalam menggunakan petunjuk umum wawancara dan direkam dengan voice recorder. Hasil rekaman didengarkan secara berulang dan ditulis menjadi transkrip. Analisis data yang peneliti gunakan menggunakan analisis Collaizi yang memiliki enam tahap, antaralain; 1) membuat transkrip, 2) membaca transkrip, 3) membuat kategorisasi pernyataan, 4) menentukan kategori-kategori pernyataan menjadi pernyataan bermakna, 5) mengelompokkan tema-tema sejenis, dan 6) mendeskripsikan tema. Hasil penelitian didapatkan delapan tema yang menggambarkan pengasuhan anak cerebral palsy. Riwayat kelahiran anak digambarkan dengan dua tema yaitu, kelaianan yang dirasakan saat kehamilan dan kondisi bayi saat dilahirkan, riwayat kesehatan anak digambarkan oleh tiga tema yaitu pertumbuhan anak cerebral palsy, perkembangan anak cerebral palsy, dan masalah yang sering terjadi pada anak cerebral palsy, pengasuhan anak cerebral palsy digambarkan oleh tiga tema yaitu perawatan diri anak, stimulasi perkembangan anak, dan terapi yang dilakukan. Pengasuhan anak cerebral palsy dilakukan dengan memberikan latihan kemandirian pada anak cerebral palsy agar anak mengusahakan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan dasar manusianya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 102310101037; | - |
dc.subject | PENGALAMAN MENGASUH ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY YANG BERSEKOLAH DI YPAC KALIWATES KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.title | PENGALAMAN MENGASUH ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY YANG BERSEKOLAH DI YPAC KALIWATES KABUPATEN JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | MT-Mathematic |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
130820101022_1.pdf | 57.58 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.