Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62308
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Desi Suryaningsih | - |
dc.date.accessioned | 2015-04-17T12:39:54Z | - |
dc.date.available | 2015-04-17T12:39:54Z | - |
dc.date.issued | 2015-04-17 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210101019 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62308 | - |
dc.description.abstract | Berpikir mengenai permasalahan-permasalahan matematika secara logis untuk memperoleh penyelesaian disebut penalaran matematis. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan penalaran matematis berperan baik dalam pemahaman konsep maupun pemecahan masalah (problem solving). Berdasarkan dokumen hasil belajar siswa, wawancara dengan guru bidang studi matematika dan observasi diduga kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember masih rendah. Rendahnya kemampuan penalaran matematis ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton (konvensional) sehingga memungkinkan siswa akan mengantuk dan perhatiannya kurang karena lebih banyak guru yang aktif daripada siswanya. Pembelajaran menggunakan model problem based learning merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan penalarannya. Hal ini dikarenakan PBL merupakan pembelajaran yang berbasis masalah sehingga menuntut siswa untuk berfikir tingkat tinggi dengan menggunakan kemampuan penalaran matematisnya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Persamaan Garis Lurus setelah penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi model skema Hopkins. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam viii penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, wawancara, angket respon siswa, dan hasil tes siklus. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model problem based learning berjalan dengan baik. Aktifitas siswa yang meliputi orientasi pada masalah, organisasi untuk belajar, diskusi dalam kerja kelompok, presentasi hasil diskusi kelompok, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah mengalami peningkatan dari 67,22% pada siklus I menjadi 88,13% pada silus II. Aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari 81,25% pada siklus I menjadi 90,63% pada siklus II. Kemampuan penalaran matematis sebagian besar siswa meningkat karena penerapan model problem based learning menggunakan soal-soal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga membuat siswa harus menggunakan penalaran untuk mengetahui penyelesaiannya. Berdasarkan hasil yang didapat persentase rata-rata skor tes kemampuan penalaran matematis meningkat dari 62,15% pada siklus I menjadi 74,58% pada siklus II. Dari 36 siswa sebanyak 35 siswa atau 97,22% mengalami peningkatan kemampuan penalaran matematis berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis. Pelaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning masih mengalami kesulitan-kesulitan antara lain membutuhkan waktu yang lebih banyak dan tidak semua siswa aktif dalam diskusi. Namun secara umum pembelajaran dengan model problem based learning lebih membuat siswa tertarik dalam belajar matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berjalan dengan baik dan lancar karena dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa terhadap pokok bahasan Persamaan Garis Lurus sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan guru untuk menerapkan model pembelajaran ini pada materi yang lain dalam pembelajaran matematika. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210101019; | - |
dc.subject | PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII C SMP NEGERI 13 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015 | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII C SMP NEGERI 13 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dedi Suryaningsih - 100210101019_1.pdf | 427.01 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools