Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61931
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.date.accessioned | 2015-03-22T00:28:55Z | - |
dc.date.available | 2015-03-22T00:28:55Z | - |
dc.date.issued | 2011-07-23 | - |
dc.identifier.citation | Level siswa di Jember kota berdasarkan teori van hiele | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-19240-0-6 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61931 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar geometri hampir siswa, hal tersebut disebabkan masih banyak siswa yang belum memahami konsep dasar geometri. Ketimpangan ini terjadi mulai Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai perkembangan kognitif siswa mulai dari tingkat yang paling dasar. Tujuan penelitian untuk mengkaji tingkat perkembangan kognitif siswa Sekolah Dasar berdasarkan teori van Hiele; untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menentukan pilihan jawaban dan untuk mengantisipasi agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses belajar mengajar, sehingga guru mengetahui karakteristik siswa sebelum proses belajar mengajar dimulai. Penelitian dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Tes terdiri dari 25 soal pilihan ganda dengan 5 foil setiap butir dan 5 butir setiap tingkat diujikan kepada 458 siswa sekolah dasar di Jember kota yang terdiri dari 3 kecamatan dan setiap kecamatan terdiri dari 4 sekolah, sehingga penelitian ini dilakukan terhadap 12 sekolah dasar di Jember kota. Wawancara dilakukan kepada 10 siswa SD disetiap sekolah. Hasil penelitian menunjukkan berturut-turut responden pada tingkat pravisualisasi, visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi, dan rigor adalah 70,09%; 28,38%; 1,75%; 0%; 0% dan 0%, sedangkan 8,73% siswa diklasifikasikan pada tingkat transisi dan 16,16% siswa sulit diklasifikasikan ke dalam suatu tingkat perkembangan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FKIP Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Teori van Hiele | en_US |
dc.subject | Perkembangan Kognitif | en_US |
dc.title | PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR DI JEMBER KOTA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | MIPA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Semnas P.mtk FKIP Unej erfan saja.pdf | Artikel Lengkap | 139.59 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.