Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61778
Title: APLIKASI TEORI ANTRIAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE DALAM OPTIMASI LAYANAN PEMBAYARAN PELANGGAN DI SENYUM MEDIA STATIONERY JEMBER
Authors: Uswatun Kholifah Thoha
Keywords: APLIKASI TEORI ANTRIAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE DALAM OPTIMASI LAYANAN PEMBAYARAN PELANGGAN PADA SENYUM MEDIA STATIONERY JEMBER
Issue Date: 12-Mar-2015
Series/Report no.: 0902101010007;
Abstract: Aplikasi Teori Antrian Model Multi Channel Single Phase dalam Optimasi Layanan Pembayaran Pelanggan di Senyum Media Stationery Jember; Uswatun Kholifah Thoha, 090210101007; 2014, 93 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Berdasarkan wawancara pra penelitian dengan pimpinan Senyum Media Stationery Jember, terdapat permasalahan dalam antrian di kasir dimana terkadang antara jumlah kedatangan dan jumlah fasilitas penyedia layanan tidak sebanding. Waktu pelayanan pelanggan pada jam-jam tertentu membutuhkan waktu lebih lama sehingga hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan antrian. Hal-hal tersebut dapat mengurangi kepuasan pelanggan sehingga tidak jarang kita melihat pelanggan meninggalkan antrian karena atrian terlalu panjang atau waktu pelayanannya lama. Dengan menyadari pentingnya kepuasan pelanggan, maka perlu diterapkan struktur model antrian Multi Channel Single Phase dengan model antrian (M/M/c) ; (GD/∞/∞). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model layanan pembayaran pelanggan pada saat terjadi antrian di kasir Senyum Media Stationery Jember, dan mengetahui hasil dari aplikasi teori antrian strktur model antrian Multi Channel Single Phase model (M/M/c) ; (GD/∞/∞) pada antrian kasir Senyum Media Stationery. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah laju kedatangan dan waktu pelayanan pelanggan pada antrian di kasir Senyum Media Stationery Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan selama empat hari (dua hari padat dan dua hari senggang) dan dimulai sejak kassa melayani pelanggan pertama sampai pukul 20.30. Metode yang digunakan untuk vii mengumpulkan data dalam enelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Selama empat hari penelitian, diperoleh hasil analisis data yang meliputi ratarata pelanggan yang antri dalam sistem dengan jumlah, penyedia layanan yang aktif dua kassa (c = 2) adalah tiga pelanggan/menit, rata-rata waktu tunggu untuk pelanggan dalam sistem adalah 1,52 menit atau 91,2 detik, Setelah dioptimasi layanan pelanggan dengan menambahkan nilai c (jumlah kassa) pada simulasi model antrian, didapat c yang paling optimal adalah disaat c = 4. Hasil optimasi menunjukkan, saat c = 4, waktu menunggu pelanggan dalam sistem berkurang daripada saat c = 2 yaitu dua pelanggan/menit. Begitu juga dengan waktu menunggu pelanggan, disaat c = 4, pelanggan hanya membutuhkan waktu menunggu 1,317 menit untuk mendapatkan pelayanan dari kasir. Selain itu, Biaya operasional yang dibutuhkan untuk penambahan satu kassa yaitu Rp. 5.118,75/jam sedangkan untuk biaya menunggu pelanggan adalah Rp. 18.615/jam sehingga biaya keseluruhan adalah Rp. 23.733,75/jam. Oleh karena itu, berdasarkan hasil optimasi tersebut dapat disimpulkan bahwa struktur model antrian Multi Channel Single Phase dengan model antrian (M/M/c) ; (GD/∞/∞ )dapat diterapkan pada antrian di kasir dan dapat mengurngi dan mengatasi masalah antrian yang terjadi pada kasir di Senyum Media Stationery Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61778
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Uswatun Kholifah Thoha - 090210101007_1.pdf345.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools