Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61724
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPratama, Ery Rizki-
dc.contributor.authorBektiarso, Singgih-
dc.contributor.authorAgustiningsih-
dc.date.accessioned2015-03-12T02:44:41Z-
dc.date.available2015-03-12T02:44:41Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61724-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran. Hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pemberdayaan media, mengakibatkan media yang seharusnya mampu menunjang pembelajaran menjadi terbengkalai. Hal tersebut membuat aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari dalam kategori rendah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Aktivitas belajar siswa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA menunjukkan kenaikan. Pada siklus 1 setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA presentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,35% . Presentase tersebut masuk dalam kategori aktif. Selanjutnya pada siklus 2 didapatkan penghitungan presesntase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 87,83 %. Terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 11,48%. Presentase hasil belajar pada siklus satu sebesar 51,35%. Presentase tersebut masih masuk dalam kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai refleksi untuk kegiatan siklus II. Hasilnya, pada siklus 2 mendapatkan hasil yang signifikan. Presentase hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 94,59% atau naik sebesar 43,24% dari siklus 1. Nilai tersebut sudah masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan daur hidup hewan siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesArtikel Ilmiah Mahasiswa;-
dc.subjectQuantum Teachingen_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titleAplikasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 02 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ery Rizki.pdf286.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.