Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61721
Title: ANALISIS VALIDITAS BUTIR SOAL TRY OUT BENTUK OBJEKTIF PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK KARTINI JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Authors: Martasari, Maryance
Kantun, Sri
Suharso, Pudjo
Keywords: Butir Soal Try Out di SMK Kartini Jember
Validitas Isi
Validitas Konstruksi
Validitas Item
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Mahasiswa;
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validitas isi, validitas konstruksi, dan validitas item pada butir soal try out Akuntansi kelas XII jurusan Akuntansi SMK Kartini Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Kartini Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah butir soal try out III bentuk objektif mata pelajaran Akuntansi tahun ajaran 2012-2013 di SMK Kartini Jember yang dibuat oleh guru-guru senior yang bergabung dalam MGMP yang diujikan pada siswa kelas XII. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas isi, analisis validitas konstruksi, dan analisis validitas item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi dari aspek materi butir soal try out III persentase 82,5% dan dilihat dengan aspek kognitif dengan persentase 100%. Sedangkan untuk validitas konstruksi dilihat dari aspek konstruksi dan bahasa dengan persentase sebesar 87,50%. Validitas item yang dilihat dari jawaban subyek pada jawaban butir soal kode A dan kode B terdapat 15 butir soal yang bernilai negatif yang harus dibuang atau di drop, dan butir soal yang tidak valid terdapat 12 butir soal, sedangkan sebanyak 53 jawaban subyek dari butir soal merupakan hasil yang valid.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61721
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MAryance Martasari.pdf266.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.