Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61604
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSekar Miadiarti-
dc.date.accessioned2015-03-06T11:53:10Z-
dc.date.available2015-03-06T11:53:10Z-
dc.date.issued2015-03-06-
dc.identifier.nimNIM100210402042-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61604-
dc.description.abstractMeningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Candipuro Menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Teknik Mind Mapping; Sekar Miadiarti, NIM 100210402042; 2014: 148 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah. Salah satu kompetensi di bidang menulis disajikan dalam menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro belum mampu menulis teks berita secara lengkap dengan memenuhi unsur-unsur 5W+1H dan menggunakan ejaan tanda baca yang benar. Hal tersebut mengakibatkan nilai rata-rata siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Candipuro dibawah KKM yaitu 70. Nilai siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 18 orang atau Rumusan masalah dalam penelitian in, yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro dan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro setelah diterapkan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memberikan solusi guna mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Candipuro dengan jumlah 34 siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIIIA. Teknik pengumpul data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik vii analisis data menunggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Candipuro dengan jumlah 34 siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIIIA. Penerapan teknik mind mapping dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian dari aspek proses pembelajaran dan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro Lumajang tahun pelajaran 2013-2014 dalam menulis teks berita. Saran dalam penelitian ini untuk guru, siswa, pembaca dan peneliti lain. Guru bahasa Indonesia disarankan untuk menerapkan teknik mind mapping dengan pendekatan saintifik tidak hanya pada meteri menulis teks berita, tetapi juga pada materi pembelajaran lainnya. Siswa kelas VIIIA disarankan menggunakan teknik mind mapping dengan pendekatan saintifik dalam kegiatan menulis teks berita. Pembaca sebaiknya menerapakan tentang teknik mind mapping dengan pendekatan saintifik guna memperoleh pengetahuan secara teori maupun penerapannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402042;-
dc.subjectENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CANDIPURO MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 CANDIPURO MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sekar Miadiarti - 100210402042_1.pdf75.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools