Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61603
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Rezaldi Arie Subekti | - |
dc.date.accessioned | 2015-03-06T11:50:34Z | - |
dc.date.available | 2015-03-06T11:50:34Z | - |
dc.date.issued | 2015-03-06 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210402010 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61603 | - |
dc.description.abstract | Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode SAVI pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Genteng 2013/2014 dalam Menulis Karya Ilmiah; Rezaldi Arie Subekti, 100210402010; 2014: 83 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran menulis di sekolah bertujuan melatih siswa untuk bisa menguasai berbagai kompetensi, salah satunya adalah menulis makalah ilmiah. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Genteng, dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng dalam menulis makalah ilmiah tergolong rendah dibandingkan kelas lainnya. Makalah ilmiah yang ditulis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng ditemukan beberapa kesalahan seperti: tema, sistematika, tanda baca, kata baku, dan penggunaan kalimat tidak efektif. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran menulis makalah ilmiah sebanyak 9 orang, sedangkan 21 orang sisanya tidak tuntas. Artinya, keterampilan siswa dalam menulis makalah ilmiah masih kurang. Untuk mengatasi masalah pada pembelajaran menulis makalah ilmiah maka perlu ada perbaikan dengan menerapkan metode SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan metode SAVI pada pembelajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng setelah diterapkannya metode SAVI. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian yakni mendeskripsikan penerapan metode SAVI (Somatic Auditory Visual Intellegence) untuk meningkatkan keterampilan menulis makalah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis makalah ilmiah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng setelah diterapkan metode SAVI. vii Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Genteng Banyuwangi, dimulai pada 28 April 2014 untuk tahap observasi serta pada 3 dan 10 Mei 2014 untuk tahap penelitian. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Proses penerapan metode SAVI untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis makalah sebagai berikut. Somatik : siswa membentuk kelompok dalam mengerjakan tugas; siswa mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru. Auditory : siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menulis makalah ilmiah; siswa bertanya mengenai materi makalah ilmiah yang diajarkan. Visual : siswa membaca materi dari powepoint dan contoh makalah ilmiah. Intelektual : siswa mengerjakan tugas secara berkelompok. Tahap-tahap tersebut berjalan dengan baik serta menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penerapan metode SAVI dalam pembelajaran menulis karya ilmiah dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis makalah ilmiah berdasarkan tema, sistematika, tanda baca, pemilihan kata baku, dan kalimat efektif pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng. Siswa terlihat lebih aktif, percaya diri, dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh adanya pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual. Penerapan metode SAVI berjalan sesuai dengen rencana dan menunjukkan peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari 30% atau 9 siswa yang tuntas pada prasiklus menjadi 53% atau 16 siswa yang tuntas pada siklus 1. Kemudian, meningkat dari 53% atau 16 siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 80% atau 24 siswa yang tuntas pada siklus II. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian mengenai penerapan metode SAVI dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2013/2014 dalam menulis makalah ilmiah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210402010; | - |
dc.subject | MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN METODE SAVI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 GENTENG 2013/2014 | en_US |
dc.title | MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN METODE SAVI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 GENTENG 2013/2014 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Rezaldi Arie Subekti - 100210402010_1.pdf | 174.7 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools