Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6145
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMULYA FAIDATUL HASANAH-
dc.date.accessioned2013-12-08T03:50:34Z-
dc.date.available2013-12-08T03:50:34Z-
dc.date.issued2013-12-08-
dc.identifier.nimNIM080210204282-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6145-
dc.description.abstractMenulis adalah suatu kegiatan penyampaian pesan kepada orang lain dengan menggunakan simbol-simbol bahasa secara tertulis sehingga pesan yang disampaikan oleh penulis dapat dipahami oleh pembaca. Manfaat yang dapat dipetik dari menulis antara lain untuk peningkatan kecerdasan, peningkatan daya inisiatif dan kreativitas, dan pendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Pembelajaran menulis karangan deskripsi selain membantu meningkatkan kecerdasan, daya inisiatif dan kreativitas, juga dapat mendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, diketahui bahwa aktivitas dan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan rendah karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dikatakan masih rendah dikarenakan antara lain:1) mayoritas karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa tidak memiliki judul yang tepat, 2) isi karangan seolah-olah merupakan karangan narasi, 3) dalam menggambarkan sebuah objek, siswa kurang memberikan informasi yang jelas kepada pembaca. Aktivitas dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dapat ditingkatkan jika digunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemilihan sumber belajar lingkungan dalam menulis karangan deskripsi memiliki alasan yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati objek secara langsung, menumbuhkan rasa senang ketika proses menulis, dan mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa yang lain dalam proses identifikasi objek. ix Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah proses peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso?, 2) bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso pada kegiatan menulis karangan deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?, dan 3) bagaimanakah kemampuan siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso dalam menulis karangan deskripsi setelah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204282;-
dc.subjectKARANGAN DESKRIPSI, KEMAMPUAN MENULISen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERPAKEM 2 BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MULYA FAIDATUL HASANAH_001.pdf943.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools