Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61268
Title: | HASIL BELAJAR SISWA KELAS II C SLTP NEGERI 2 JEMBER PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR (Studi Perbandingan Hasil Pembelajaran Metode E ksprrimen Dengan Tanpa Eksperimen) |
Authors: | Sulasmi |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA KELAS II C SLTP NEGERI 2 JEMBER PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR |
Issue Date: | 5-Feb-2015 |
Abstract: | Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah sejauh manakah hasil belajar siswa kelas ll C SL TP Negeri 2 Jember pada pokok bahasan perpindahan kalor yang diajar meJalui metode ek.sperimen maupun metode ceramah? Adakah perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar eksperimen dengan tanpa ek.sperimen ? Bila ada perbedaan yang signifikan hasil manak.ah yang lebih baik?. Peneliti dalam penelitian ini langsung menentukan kelas llC SLTP Negeri 2 Jcmber talum pelajaran 2000/2001. Kelas llC dibagi menjadi 2 kelompok yaitn: kelompok 1 menggunakan metode eksperimen dan kelornpok 2 sebagai kelompok kontrol, sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari hasil analisis statistik dengan menggun.ak.an uji t-tes diperoleh mean rata-rata kelompok eksperimen 73,87 dan mean rata-rata kelompok kontrol60,04, harga t = 2,428. Pada taraf signifi.kansi 5% diketahui harga t-hitung > harga t-tabel untuk db = 45, dengan demikian maka hipotesis altematif diterima. Hal ini memberiken kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signiftkan hasil belajar ant.ara siswa yang diberi pengajaran melalui eksperimen dengan tanpa eksperimen. Selain itu dari hasH analisa diketahui bahwa mean rata-rata siswa yang diberi pengajara.n melalui ek.sperimen lebih baik daripada mean rata-rata siswa yang diberi pengajaran tanpa eksperimen. SeteJah tes fonnatif pada mata pelajaran ftsika pokok bahasan perpindahan kalor tahun pelajaran 2000/2001 di SLTP Negeri 2 Jember. Taraf pencapaian yang diperoJeh siswa untuk nilai materi tanpa metode eksperimen adalah 20,83% nilai ini menunjukk.an bahwa kewntasan klasikal dalarn kelornpok tersebut belwn teroapai Sedangkan taraf pencapaian materi dengan menggunak.an metode eksperimen adalah 95,6%, nilai ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal dalam kelompok tersebut telah tercapai karena pembelajaran dikatakan berbasil apabila 85% dari jumlah siswa mendapat nilai ~65% atau keturtasan kJasikaJ berada di atas 85%. Sedangkan untuk ketuntasan individual mencapai 95,65% ini memmjukkan ba.hvva pembelajaran :fisika dengan metode eksperimen sudah berhasil. Dari data yang ada diperoleh nilai efektifitas yaitu 17.65% sehingga pembelajaran fisika dengan metede eksperimen dikatakan berhasil. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61268 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Law |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Sulasmi_irh.pdf | 1.94 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools