Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/61259
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPuji Lestari-
dc.date.accessioned2015-02-04T07:52:13Z-
dc.date.available2015-02-04T07:52:13Z-
dc.date.issued2015-02-04-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61259-
dc.description.abstractStrategi Kognitif merupakan proses internal yang digunakan siswa untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perflatian, belajar mengingat dan berpikir. Dalam menyelesaikan soal fisika siswa dituntut menggalami segala kemampuan berpikimya untuk memilih dan menggunakan aturan-aturan atau kaidah-kaidah yang telah diterimanya. Untuk itu dipertukan proses kontrol yaitu strategi kognitif. Berdasarkan fungsinya strategi kognitif dibagi menjadi 5 yaitu strategi menghafal, strategi elaborasi, strategi pengaturan, strategi metakognitif, dan strategi afektif. Dari gambaran tersebut timbullah rumusan masalah yaitu 'Bagaimana tingkat strategi kognitif siswa dalam penyelesaian soal fisika ?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tingkat strategi kognitif siswa datam penyelesaian soal fisika konsep optik geometri oleh siswa kelas 11.1 dan 11.3 cawu 3 SMUN 5 Jember tahun ajaran 1999/2000. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, angket dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat strategi kognitif siswa secara keseturuhan rata-rata adalah cukup (74,13%), dengan perincian untuk kategori strategi menghafal 86,32%, strategi elaborasl 72,34%, strategi pengaturan 42%, strategi metakognittf 86,35%, dan strategl afekttf 84%. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data bahwa strategi kognitif sangat diperlukan untuk menggabungkan aturan-aturan atau kaidah agar dapat menyelesaikan suatu persoalan dalam penyelesaian soal (pembelajaran). Faktor internal dan ekstemal menjadi satu kesatuan dalam proses pembelajaran. Faktor ekstemal yaitu guru sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu memberikan motivasi siswa untuk mengoptimalkan kemampuannyaen_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectSTRATEGI KOGNITIF SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL FISIKAen_US
dc.titleSTRATEGI KOGNITIF SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL FISIKA ( Studi Dlskriptif Pad~ Slswa Kelas II Cawu 3 SMUN 5 Jember Konsep Optlk Geometrl Tahun Ajaran 1999,2000)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
puji Lestari_irh.pdf1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools