Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6119
Title: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN TEGALREJO 01 JEMBER
Authors: Ita Undziratul Laila
Keywords: TALKING STICK, TEORI BELAJAR BRUNER
Issue Date: 8-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204226;
Abstract: Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki aktivitas dalam pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan Pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner?; (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa?; (3) Bagaimanakah peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa?. Teori Bruner dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran karena dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar pada dasarnya sangatlah abstrak sehingga diperlukan pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner. Pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dipilih karena dalam pembelajaran Talking Stick dapat tercipta keaktifan siswa melalui media permainan tongkat yang diberikan dari satu siswa ke siswa lainnya, yang memegang tongkat itulah yang memperoleh kesempatan untuk menjawab pertanyaan. Teori Bruner menyajikan tiga tahapan dalam pembelajaran untuk siswa, yakni tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prosentase ketuntasan hasil belajar selama pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN Tegalrejo 01 tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 44 anak yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dalam pelaksanaan penelitian ini ix menggunakan model Hopkins yaitu model skema yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa berupa ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6119
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ita Undziratul Laila_001.pdf990.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools