Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6110
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHESTY FEBRIAN WIDYANA-
dc.date.accessioned2013-12-08T03:07:57Z-
dc.date.available2013-12-08T03:07:57Z-
dc.date.issued2013-12-08-
dc.identifier.nimNIM080210204319-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6110-
dc.description.abstractKeterampilan berbahasa pada dasarnya memiliki empat aspek yakni : keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut hendaknya mendapat porsi seimbang dan terintegrasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa, sebab keempat keterampilan tersebut memiliki keterkaitan satu dengan yang lain untuk menuju pada bahasa sebagai alat komunikasi yang mudah dimengerti. Berdasarkan observasi pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membuat dialog dengan Tema Kesehatan yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas pada saat mengajar diperoleh keterangan hanya 2 siswa yang mendapat nilai B (skala nilai 70-79), 13 siswa mendapat nilai C (skala nilai 60-69), dan 7 siswa mendapat nilai D (skala nilai 50-59) dari total 22 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang viii berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204319;-
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUANen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGERen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HESTY FEBRIAN WIDYANA_001.pdf587.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools