Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/60715
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Yuliana, Siti | - |
dc.contributor.author | Sariono, Agus | - |
dc.contributor.author | Rochiati, Erna A. | - |
dc.date.accessioned | 2014-12-17T04:25:04Z | - |
dc.date.available | 2014-12-17T04:25:04Z | - |
dc.date.issued | 2013 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60715 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan siswa Mts. dalam menyusun kalimat tunggal bahasa Indonesia (KTBI). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui metode simak dan metode cakap dengan menggunakan kuesioner. Kemampuan siswa dalam menyusun KTBI berbeda-beda. Kemampuan informan pada kelompok petani dalam menyusun KTBI sebesar 84%, kelompok pedagang sebesar 88,4%, dan kelompok pegawai 90,8%. Perbedaan kemampuan tersebut dipengaruhi oleh lima faktor. Kelima faktor tersebut adalah: 1) fasilitas yang tersedia di rumah, 2) penggunaan bahasa di luar sekolah, 3) peran orang tua terhadap proses belajar anak, 4) pengaruh gemar membaca terhadap pengetahuan siswa, dan 5) pengaruh kesukaan pada matapelajaran Bahasa Indonesia terhadap pengetahuan siswa. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Artikel Ilmiah Mahasiswa; | - |
dc.subject | kalimat tunggal | en_US |
dc.subject | kemampuan berbahasa | en_US |
dc.subject | kesalahan berbahasa | en_US |
dc.title | KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT TUNGGAL BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IX MTs. AL-MISRI, CURAHMALANG, RAMBIPUJI, JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Humanities |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Yuliana.pdf | 279.67 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.