Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/60629
Title: Hubungan Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri Pada Masa Kanak-kanak Akhir di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember
Authors: Ernawati, Yuyun
Rasni, Hanny
Hardiani, Ratna Sari
Keywords: Dukungan Sosial
Kanak-kanak akhir
Kepercayaan diri
Issue Date: 5-Dec-2014
Series/Report no.: Unej 2012;
Abstract: Masa kanak-kanak merupakan periode kritis sebagai dasar dari kepercayaan diri dan perilaku yang akan dibawa sampai dewasa. Kepercayaan diri adalah sikap positif yang hanya dirasakan oleh diri sendiri. Anak yang memiliki kepercayaan diri dikarakteristikkan dengan yakin dengan kemampuan anak, mandiri, objektif, dan berani. Kepercayaan diri dipengaruhi oleh dukungan sosial yang berasal dari orang tua, teman, dan guru di sekola. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan antara dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada masa kanak-kanak akhir di SDN Jember Lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Desain penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 224 siswa di kelas 4 sampai kelas 6, dan dipilih mengunakan stratifield random sampling. Data dianalisis menggunakan chi-Square dan nilai alpha 5%. Hasil penelitian didapatkan nilai p-value 0.0001 dan OR=6.266. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan dukungan sosial dengan kepercayaan diri pada masa kanak-kanak akhir di SDN Jember Lor 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Anak yang memperoleh dukungan sosial berpeluang 6.266 kali untuk memiliki kepercayaan diri, sehingga diharapkan lingkungan sosial meliputi orang tua, teman sebaya, dan guru dapat memberikan dukungan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60629
Appears in Collections:SRA-Medical

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuyun Ernawati.pdf325.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.