Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/60449
Title: KAJIANKAJIANKAJIANKAJIANKAJIANKAJIAN EFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYAEFISIENSI BIAYA BUDIDAYABUDIDAYABUDIDAYABUDIDAYABUDIDAYABUDIDAYABUDIDAYABUDIDAYA DAN DAN DAN DAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN POLA PEMASARAN IKAN GURAMGURAMGURAMGURAMGURAMI SERTASERTASERTASERTASERTA STRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANSTRATEGI PENGEMBANGANNYANYANYA (Studi Kasus Di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember)
Authors: Wiji Lestari
Keywords: Ikan Gurami, Strategi Pengembangannya
Issue Date: 1-Dec-2014
Series/Report no.: 101510601007;
Abstract: Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Usaha budidaya ikan gurami di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember sudah efisien. Berdasarkan analisis R/C ratio didapat nilai efisiensi rata-rata sebesar 1,93. (2) Pola pemasaran ikan gurami di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember terbagi menjadi tiga pola pemasaran yang dibedakan menjadi pola pemasaran I ( pembudidaya – tengkulak – pedagang pengecer – konsumen), pola pemasaran II (pembudidaya – tengkulak – konsumen), dan pola pemasaran III (pembudidaya – tengkulak – pedagang antar kota – konsumen). Dimana pada masing-masing pola pemasaran yang ada selalu melibatkan tengkulak sebagai lembaga pemasaran yang terlibat, disamping itu pada pola pemasaran yang diterapkan oleh pembudidaya ikan gurami memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak poitif yang ada yaitu pembudidaya ikan gurami mudah dalam memasarkan produksi ikan gurami yang dihasilkan sedangkan dampak negatif yang ada yaitu pembudidaya memiliki posisi tawar yang rendah karena pembudidaya menggantungkan modal pada tengkulak. (3) Faktor-faktor yang berpengaruhi secara nyata terhadap pendapatan pembudidaya ikan gurami di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember adalah produksi, biaya benih, biaya tenaga kerja, biaya pakan dan harga, sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh secara tidak nyata terhadap pendapatan pembudidaya ikan gurami di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember adalah biaya obat. (4) Pengembangan Usaha budidaya dan pola pemasaran ikan gurami di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember memiliki faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor kunci pendorong yang tertinggi dalam budidaya ikan gurami adalah penguasaan teknik budidaya yang baik dan benar sedangkan faktor kunci penghambat yang dalam budidaya ikan gurami adalah cuaca yang tidak menentu yang mengakibatkan ikan rentan terhadap penyakit dan virus. Strategi yang dapat digunakan untuk mendukung dalam pengembangan usaha budidaya gurami adalah dengan mengoptimalkan teknik budidaya yang baik agar dapat melakukan inovasi-inovasi dalam budidaya ikan gurami serta mengoptimalkan kelembaagan kelompok pembudidaya ikan yang sudah pernah ada dan memperluas jaringan pemasaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60449
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wiji Lestari - 101510601007_1.pdf269.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools