Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59886
Title: PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013/2014)
Authors: Rois Amrullah Akbar
Keywords: Index Card Match (ICM), Media Gambar, Motivasi dan Hasil Belajar
Issue Date: 3-Nov-2014
Series/Report no.: 100210103056;
Abstract: Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh positif strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar semester genap tahun ajaran 2013/2014. Motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian angket motivasi ARCS pada awal dan akhir pembelajaran. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan motivasi ARCS. Hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan pre-test dan posttest, kemudian hasil yang diperoleh diuji normalitas dengan menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov dan dilanjutkan dengan menggunakan uji ANAKOVA. Hasil belajar ranah afektif penilaiannya dilakukan oleh observer tiap pertemuan baik itu kelas kontrol dan eksperimen. Selanjutnya data itu diuji dengan menggunakan uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji ANAKOVA. Analisis motivasi belajar siswa terdiri atas aspek Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar berpengaruh sangat signifikan (p = 0,003) terhadap motivasi aspek Attention, berpengaruh sangat signifikan (p = 0,004) terhadap motivasi aspek Relevance, berpengaruh sangat signifikan (p = 0,003) terhadap motivasi aspek Confidence, dan berpengaruh sangat signifikan (p = 0,002) terhadap motivasi aspek Satisfaction. Hal itu dikarenakan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar di dalamnya terdapat unsur permainan yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Analisis hasil belajar siswa terdiri atas ranah kognitif dan afektif. Strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar berpengaruh signifikan (p = 0,043) terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, dengan selisih rerata kelas eksperimen (39,74) lebih besar daripada kelas kontrol (35,38) dan berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif (p = 0,003), dengan selisih rerata kelas eksperimen (14,8) lebih besar daripada kelas kontrol (9,05). Hal itu dikarenakan motivasi siswa yang besar untuk belajar sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013/2014.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59886
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rois Amrullah Akbar - 100210103056_1.pdf174.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools