Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59848
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Muzayana | - |
dc.date.accessioned | 2014-11-03T00:41:54Z | - |
dc.date.available | 2014-11-03T00:41:54Z | - |
dc.date.issued | 2014-11-03 | - |
dc.identifier.nim | NIM100210302092 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59848 | - |
dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini yaitu 32 peserta didik kelas XI IPA 4 MAN Lumajang. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumenter. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik dalam belajar sejarah mengalami peningkatan. Pada siklus 1 persentase keaktifan belajar peserta didik secara klasikal 57,81%, pada siklus 2 meningkat menjadi 69,84%, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 78,44%. Kreativitas belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh 54,84%, pada siklus 2 meningkat menjadi 66,41%, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 77,34%. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Kesimpulan hasil penelitian: (1) penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPA 4 MAN Lumajang tahun ajaran 2013/2014; (2) penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPA 4 MAN Lumajang tahun ajaran 2013/2014. Peneliti merekomendasikan beberapa saran berikut (1) bagi pendidik mata pelajaran sejarah sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah, (2) bagi pihak sekolah hasil penelitian ini sebagai bahan masukan untuk mengadakan variasi metode pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan dan kegiatan pembelajaran, (3) bagi peneliti berikutnya metode pembelajaran discovery dapat dikembangkan untuk mengadakan penelitian di masa yang akan datang dengan ruang lingkup yang lebih luas. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210302092; | - |
dc.subject | Metode Pembelajaran Discovery, Keaktifan dan Kreativitas Belajar Sejarah | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 4 MAN LUMAJANG TAHUN AJARAN 2013/2014 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Muzayana - 100210302092_1.pdf | 283.33 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools