Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59827
Title: | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMAN 1 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014 |
Authors: | Agi Ma’ruf Wijaya |
Keywords: | Strategi ROPES, Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah |
Issue Date: | 31-Oct-2014 |
Series/Report no.: | 100210302020; |
Abstract: | Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada kegiatan siklus 1 motivasi belajar peserta didik memperoleh skor 2,84. Pada siklus 2 motivasi belajar peserta didik memperoleh skor 3,44 meningkat 22,42. Pada siklus 3 motivasi belajar peserta didik memperoleh skor 3,81 meningkat 10,75. Pada hasil belajar kegiatan siklus 1 aspek kognitif memperoleh persentase sebesar 70,96%, pada siklus 2 memperoleh persentase 80,64% meningkat 8,33%, dan pada siklus 3 memperoleh persentase 90,32% meningkat 8,40%. Pada siklus 1 aspek psikomotor memperoleh skor 2,92, pada siklus 2 memperoleh skor sebesar 3,14 meningkat 7,53, pada siklus 3 memperoleh skor 3,25 meningkat 3,50. Kesimpulan hasil penelitian (1) Penerapan strategi pembelajaran ROPES dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2013/2014; (2) Penerapan strategi pembelajaran ROPES dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul kelas X IPS 2 semester genap tahun ajaran 2013/2014. Peneliti memberikan beberapa saran sebagi berikut (1) Bagi guru sejarah, sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (2) Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang dapat berguna dan digunakan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan yang diambil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kegiatan pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengembangkan penelitian pembelajaran dengan strategi pembelajaran (ROPES) pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59827 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Agi Ma'ruf Wijaya - 100210302020_1.pdf | 462.28 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools