Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59802
Title: ANALISIS KESESUAIAN MATERI GEOMETRI DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK AYO BELAJAR MATEMATIKA UNTUK SD/MI KELAS IV BERDASARKAN KRITERIA BELL
Authors: Tri Puji Irawati
Keywords: Materi Geometri, Elektronik, Kriteria Bell
Issue Date: 30-Oct-2014
Series/Report no.: 100210204044;
Abstract: Dari hasil analisis, diketahui bahwa persentase kesesuaian materi geometri pada Bab IV berdasarkan kriteria Bell menunjukkan katagori hasil yang baik atau sesuai, yaitu sebesar 73,91%. Hasil analisis materi geometri pada Bab VIII juga menunjukkan persentase kesesuaian yang baik atau sesuai dengan kriteria Bell, yaitu sebesar 73,91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesesuaian materi geometri pada Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV berdasarkan kriteria Bell berkatagori sangat baik, karena dari 23 pernyataan tentang materi geometri hanya ada 6 pernyataan yang tidak sesuai dengan kriteria Bell pada Bab IV dan 6 pernyataan yang tidak sesuai pada Bab VIII. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan kepada guru-guru sekolah dasar, hendaknya selektif dalam memilih buku teks yang akan digunakan untuk meminimalisir adanya kesalahan konsep. Bagi penerbit dan penulis buku, perlu menambahkan sejarah, filosofi dan metode-metode matematika dan para matematikawan yang mendukung materi matematika. Ketidaksesuaian dari buku teks berdasarkan hasil analisis dapat dijadikan bahan perbaikan penulisan buku selanjutnya. Diharapkan adanya penelitian serupa untuk materi lain, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi dalam memilih buku teks yang berkualitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59802
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tri Puji Irawati - 100210204044_1.pdf114.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools