Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59674
Title: PERAN DEPARTEMEN MAKAN DAN MINUM DALAM MENUNJANG KUALITAS PELAYANAN DI BINTANG MULIA HOTEL & RESTO
Authors: Rizki Mardianti Pratiwi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Bintang Mulia Hotel & Resto
Issue Date: 29-Oct-2014
Series/Report no.: 110903102020;
Abstract: Dunia pariwisata merupakan kebutuhan manusia yang sering dilakukan untuk memberi kesan menyegarkan pikiran dari kehidupan dan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Dibutuhkan beberapa sarana penting untuk memenuhi kebutuhan wisatawan salah satunya adalah akomodasi. Akomodasi adalah tempt bagi seseorang untuk tinggal sementara. Salah satu akomodasi yang sering dikaitkan dengan dunia pariwisata adalah hotel. Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan fasilitas penginapan untuk umum dengan memberikan fasilitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan mengetahui cara kerja di dunia perhotelan khususnya food and beverage department. Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, untuk tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut. Kebutuhan untuk makan dan minum selalu ada di setiap manusia karena makan dan minum merupakan kebutuhan primer yang dilakukan sehari-hari. Peran food and beverage department di Bintang Mulia Hotel & Resto dapat terlihat sejak pelayanan breakfast, lunch hingga dinner. Semua pekerjaan dikerjakan sendiri oleh karyawan food and beverage department mulai dari menset-up meja, taking order, menyiapkan makanan dan minuman yang dipesan, menyajikan makanan dan minuman sesuai dengan pesanan tamu, hingga clear up. Cita rasa masakan juga mempengaruhi kualitas makanan agar tamu ingin datang untuk menikmati variasi makanan dan minuman yang ada. Jadi peran food and beverage department di hotel adalah hal yang sangat penting karena dapat menunjang kualitas kerja dari hotel itu sendiri. Kecekatan dalam melayani tamu juga terlihat sangat penting karena dapat mempengaruhi hadirnya tamu untuk menciptakan pelayanan yang memberi kepuasan kepada tamu.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59674
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rizki Mardianti Pratiwi - 110903102020_1.pdf101.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.