Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/59024
Title: MASALAH PENDIDIKAN ANAK JALANAN DI KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO
Authors: Kamila, Nur
Affandi, Mochammad
Keywords: anak jalanan
pendidikan
putus sekolah
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
Abstract: Untuk anak jalanan di Situbondo umumnya mereka masih duduk di bangku Sekolah Dasar, dan semuanya memiliki masalah dengan pendidikan, bahkan hingga putus sekolah.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis segala bentuk permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh anak jalanan di Situbondo.Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan akibat tekanan kemiskinan dan latarbelakang sosial orang tua yang kebanyakan kurang atau bahkan tidak berpendidikan, di daerah Situbondo terutama daerah perumahan Tuna Karya dan tak jarang pula mereka kemudian putus sekolah di tengah jalan karena orang tuanya tidak memiliki biaya yang cukup untuk terus berlanjut menyekolahkan anaknya. Meskipun di sekolah sudah dapat bantuan dan dari Bantuan Operasional Sekolah itu tidak dapat memenuhi semua kebutuhan anak untuk sekolah. Akibatnya kerap terjadi anak-anak mereka relatif ketinggalan di bandingkan dengan teman-temannya yang lain. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan anak jalanan di Situbondo menghadapi beberapa masalah yaitu: mereka terpaksa harus membolos sekolah karena mereka bekerja di jalanan pada jam sekolah untuk membantu perekonomian orang tua. Sehingga berakibat pada motivasi dan prestasi mereka di sekolah. Bahkan ada juga anak jalanan yang tidak naik kelas kemudian menjadi mereka menjadi bolos sekolah bahkan sampai putus sekolah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59024
Appears in Collections:SRA-Social And Politic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Kamila.pdf335.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.