Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58781
Title: RUMAH DONGENG SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Authors: Sri Ningsih
Keywords: dongeng, karakter bangsa, NKRI, generasi emas, golden ages
Issue Date: 11-Aug-2014
Abstract: Popularitas dongeng sudah sejak lama menurun, baik dalam ranah keluarga maupun ranah publik. Di sisi lain karakter bangsa juga menurun dalam skala horisontal maupun vertikal, seperti muncul dalam perilaku tawuran massal, perilaku para elit bangsa, sampai dengan ancaman disintegrasi bangsa. Dongeng sebagai salah satu jenis karya sastra pada zaman dahulu merupakan sarana pendidikan yang efektif. Dongeng dalam kemasan yang berbeda sangat disukai oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Makalah ini mencoba untuk menawarkan satu strategi revitalisasi dan sosialisasi dongeng dalam konteks pendidikan karakter bangsa dan pemerkokoh NKRI. Konsep dasar yang ditawarkan berupa pembangunan/pembentukan rumah dongeng tempat mendidik dan membina para pendongeng muda untuk ditugasi mendongeng di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD dipilih dengan beberapa pertimbangan: (1) anak-anak lebih mudah menyukai dongeng, (2) lembaga pendidikan PAUD sangat kekurangan tenaga pendidik dan tenaga pendongeng, (3) tahun 2013 pemerintah sudah memulai program penyiapan generasi emas dimulai dari pendidikan anak usia dini, (4) siswa PAUD berada dalam masa golden ages, sehingga nilai-nilai karakter bangsa dapat tertanam kuat dalam jiwa anak hingga dewasa kelak.
Description: KONGRES BAHASA INDONESIA X "Penguatan Bahasa Indonesia di Dunia Internasional" Hotel Grand Sahid Jaya, 28-31 Oktober 2013 diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58781
Appears in Collections:Fakultas Ilmu Budaya

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sri Ningsih1.pdf532.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.