Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58519
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYulia Hidayana-
dc.date.accessioned2014-07-18T01:50:36Z-
dc.date.available2014-07-18T01:50:36Z-
dc.date.issued2014-07-18-
dc.identifier.nimNIM100210402071-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58519-
dc.description.abstractHasil penelitian tentang strategi komunikasi mahasiswa penutur asing dalam berbahasa Indonesia ini menunjukkan adanya beberapa wujud strategi komunikasi. Wujud strategi tersebut yakni strategi kompensatoris dan strategi penghindaran. Wujud strategi kompensatoris antara lain: (1) mengulur waktu dengan tuturan “e…”, “a…” dan mengulang tuturan, (2) meminta tolong dengan cek konfirmasi dan meminta tolong dengan bertanya (3) penerjemah harfiah, (4) Aproksimasi (5) sinyal non-liguistik dengan peragaan dan menunjuk/menunjukkan benda. Wujud strategi penghindaran antara lain : (1) penghentian pesan, (2) penghindaran topik secara langsung dan penghindaran topik dengan modus. Wujud-wujud strategi komunikasi tersebut diperoleh dari ujaran dan sinyal non-linguistik mahasiswa asing penutur bahasa Indonesia asal Madagaskar saat berkomunikasi dengan mahasiswa penutur asli dalam situasi tidak resmi (di luar kelas). Wujud strategi komunikasi tersebut memiliki beberapa fungsi. Fungsi dari wujud strategi komunikasi kompensatoris antara lain: (1) memonitor ujaran, (2) Aternatif, (3) memperoleh ketegasan (4) substitusi (5) memfokuskan. Fungsi dari wujud strategi penghindaran yakni mencari aman dan keengganan. Ada beberapa strategi komunikasi yang memiliki fungsi sama, yakni strategi aproksimasi dan penerjemah harfiah yang sama-sama berfungsi sebagai alternatif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402071;-
dc.subjectStrategi komunikasi, berbahasa Indonesia, mahasiswa asingen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI DALAM BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA ASING UNIVERSITAS JEMBER ASAL MADAGASKARen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yulia Hidayana - 100210402071_1.pdf721.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools