Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/58345
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZarah Puspitaningtyas-
dc.date.accessioned2014-07-15T02:34:44Z-
dc.date.available2014-07-15T02:34:44Z-
dc.date.issued2014-07-15-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58345-
dc.description.abstractDunia bisnis di Indonesia terlihat telah berkembang sistem dan praktek bisnis kapitalistik yang tidak etik, karena menekankan pada pengejaran keuntungan sebesar-besarnya dengan kecenderungan mengabaikan hak orang lain. Seolah bangsa ini sudah kehilangan etika dan karakter dalam berperilaku bisnis. Jikalau kapitalisme tak lagi terelakkan, bisakah kita membangun kapitalisme yang bermoral? Kita bisa menyebutnya sebagai etika bisnis Pancasila. Pancasila sebagai ideologi bangsa, sudah seharusnya menjadi pegangan bagi setiap individu dalam menjalankan perannya di berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam berperilaku bisnis. Setiap individu menjadi bagian dari bisnis. Sebab, bisnis membutuhkan orang sebagai pemilik, manajer, pekerja, dan konsumen. Oleh karenanya, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membangun kembali bisnis yang beretika Pancasila. Paper ini bertujuan untuk meredefinisi perilaku bisnis yang beretika Pancasila. Memaknai kembali pemahaman tentang setiap sila dalam Pancasila sesuai dengan kaidah waktu, yaitu: pemahaman tentang konsep Ketuhanan, Kemanusiaan, Kebangsaan (Nasionalisme), Demokrasi (Kerakyatan), dan Kesejahteraan Sosial. Diharapkan praktek-praktek bisnis dijalankan dengan pedoman moral Pancasila. Sejatinya, konsep tersebut sejalan dengan prinsip ilmu ekonomi. Bahwa, kedudukan ilmu ekonomi adalah sebagai ilmu moral. Sebagai suatu ilmu moral maka ilmu ekonomi mengenal keadilan, peduli dengan persamaan dan pemerataan, menjunjung tinggi kemanusiaan, serta menghormati nilai-nilai agama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectetika bisnis Pancasila, perilaku bisnisen_US
dc.titleETIKA BISNIS DI INDONESIA: REDEFINISI PERILAKU BISNIS BERETIKA PANCASILAen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ETIKA BISNIS DI INDONESIA-sdh_1.pdf9.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.