Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57912
Title: IPTEKS BAGI MASYARAKAT KELOMPOK USAHA KERIPIK SINGKONG ANEKA RASA
Authors: Kusuma, Wulandari
Keywords: Mesin rajang multiguna, keripik singkong dan pangsa pasar
Issue Date: 2-Jul-2014
Abstract: Hasil yang dicapai dari kegiatan IbM usaha keripik singkong aneka rasa sebagai berikut: (a) membuat teknologi mesin rajang multiguna (singkong, pisang kentang dan sukun); (b) memperbaiki infrastruktur produksi keripik singkong aneka rasa; (c) mengadakan pelatihan pemanfaatan teknologi mesin rajang multiguna dengan teknik pengolahan yang efektif untuk meningkatkan stadarisasi spesifikasi dan mutu; (d) mengadakan pelatihan dan pembinaan tentang gugus kendali mutu keripik singkong aneka rasa sesuai standar mutu nasiona; dan (e) mengadakan pelatihan tentang manajemen, seperti efisiensi pengelolaan usaha, perluasan peluang pasar keripik singkong aneka rasa. Bentuk keluaran dari hasil kegiatan Ipteks bagi masyarakat kelompok usaha keripik singkong terdiri dari: (a) menghasilkan produk keripik singkong rasa pedas, balado, gurih, asin dan manis ukuran packing ¼ kg, 1/2 kg, 1 kg dan 2 kg yang diberi label brand merk; dan (b) menghasilkan mesin Rajang Multiguna Pelaku bisnis makanan ringan (keripik singkong) termasuk bisnis yang sederhana, mudah, dan fleksibel dalam sisi permodalan, dalam arti-an dengan modal sedikit atau besar pun bisnis ini bisa dimulai dan dijalankan. Dengan semakin banyaknya pelaku dalam bisnis ini maka dapat disimpulkan: (a) semakin banyak pelaku pada bisnis keripik singkong ini berarti semakin ketat dalam hal kompetisinya: (b) semakin banyak pelaku bisnis keripik singkong berarti target market bisnis ini memang sangat luas dan masih terbuka peluangnya: (c) keripik singkong merupakan makanan yang sudah familyer dikalangan masyarakat tentu saja sudah banyak orang yang memproduksinya yang artinya banyak pesaing dalam bisnis ini; (d) cara pemasaran juga penting untuk diperhatikan karena ini yang mempengaruhi konsumen untuk memilih dan membelinya. Dengan rasa yang enak ,kemasan yang menarik dan harga yang terjangkau tentu akan menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57912
Appears in Collections:CSR-Hibah Pengabdian Lain-lain

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1.cover.pdf99.15 kBAdobe PDFView/Open
2.Daftar Isi.pdf94.24 kBAdobe PDFView/Open
3.Pengesahan.pdf99.98 kBAdobe PDFView/Open
4.Ringkasan.pdf179.28 kBAdobe PDFView/Open
5.Prakata.pdf53.18 kBAdobe PDFView/Open
6.Pendahuluan.pdf98.15 kBAdobe PDFView/Open
7.Target dan Luaran.pdf140.08 kBAdobe PDFView/Open
8.Kesimpulan dan Saran.pdf143.45 kBAdobe PDFView/Open
9.Daftar Pustaka.pdf176.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.