Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57887
Title: Model Intervensi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) (Community Based Action Research Pada Masyarakat Di Daerah Aliran Sungai Bedadung Kabupaten Jember)
Authors: Budhy Santoso
Kris Hendrijanto
Atik Rahmawati
Raudlatul Jannah
Keywords: Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS)
Partisipatif
Community Based Action Research
Issue Date: 1-Jul-2014
Publisher: FISIP'13
Series/Report no.: hibah bersaing;07
Abstract: DAS Bedadung sebagai DAS terbesar di kabupaten Jember mempunyai fungsi strategis sebagai selain sebagai sumber pasokan air bersih bagi masyarakat juga sebagai salah satu sumber baku air bagi PDAM Kabupaten Jember. Upaya pengelolaan DAS diarahkan pada proses partisipatif masyarakat dalam semua tahapan pengelolaan yang berawal dari perencanaan, assessment, implementasi, dan evaluasi. Model intervensi pengelolaan partisipatif dengan metode Community Based Strategy dalam penelitian ini berarti pula bahwa penanganan pengelolaan DAS harus juga melibatkan masyarakat (stakeholders) dalam artian bahwa memberikan peluang bagi masyarakat untuk sadar akan kebutuhan dan masalah untuk kemudian mencari jawaban atas persoalan yang dihadapinya dengan bertumpu pada sumber potensi yang ada.
Description: Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57887
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Budhy Santoso_hb_dipa_07.pdf239.38 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.