Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57880
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTITIK SUGIARTI-
dc.contributor.authorNurcholif Diah Sri Lestari-
dc.date.accessioned2014-06-30T06:43:21Z-
dc.date.available2014-06-30T06:43:21Z-
dc.date.issued2014-06-30-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57880-
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractAkar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa pembelajaran di sekolah dasar yang terjadi selama ini kurang memfasilitasi karakteristik siswa. Pembelajaran kurang menekankan pada melatih siswa mengonstruksi pengetahuan sendiri terutama dengan pemecahan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tidak berkembang. Pemecahan masalah jarang diterapkan di sekolah dasar karena sulitnya mengajarkan dan mengases pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui seperangkat masalah yang telah dirancang dalam exemplar problem dengan mencontohkan bagaimana pemecahan siswa diasses dengan exemplar rubric (authentic assessment). Model pembelajaran yang dimaksud dinamakan dengan “Model Pembelajaran Matematika berbasis authentic assessment dengan eksemplar problem”. Untuk tujuan tersebut digunakan model pengembangan pendidikan umum dari Tjeerd Plomp (1997) dengan empat fase yang meliputi: Fase investigasi awal, Fase desain, (c)Fase realisasi, (d)Fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahun pertama penelitian ini, telah dihasilkan model pembelajaran yang valid. Sedangkan syarat praktis dan efektif akan diujicobakan pada pertemuan kedua.en_US
dc.publisherFKIP'13en_US
dc.relation.ispartofserieshibah bersaing;21-
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.subjectAuthentic Assessmenten_US
dc.subjectExemplar Problemen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASARen_US
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ttik Sugiarti_hb_dipa_21.pdf359.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.