Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57877
Title: | PENGEMBANGAN KARAKTER TELITI, KONSISTEN DAN KREATIF PADA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS LESSON STUDY |
Authors: | Sunardi Dian Kurniati Suharto |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran Geometri Pendekatan Realistic Mathematics Education Program Evaluation |
Issue Date: | 30-Jun-2014 |
Publisher: | FKIP'13 |
Series/Report no.: | hibah bersaing;19 |
Abstract: | Pendekatan RME mampu mengkonstruk pengetahuan siswa dengan melibatkan mereka secara langsung dalam penemuan konsep, sehingga secara langsung akan terbentuk dan berkembang karakter teliti, konsisten, dan kreatif dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu perangkat pembelajaran geometri yang valid, reliabel, dan praktis yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan karakter teliti, konsisten dan kreatif pada siswa SMP. Adapun perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LKS, serta instrumen penilaian karakter. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Thiagaradjan, dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Ketika ujicoba berlangsung dilakukan pengamatan terhadap karakter konsisiten, teliti dan kreatif dalam diri siswa. Hasil dari penelitian ini adalah karakter teliti, konsisten dan kreatif berkembang secara maksimal, sehingga disimpulkan perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah valid, praktis dan efektif. |
Description: | Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57877 |
Appears in Collections: | LRR-Hibah Bersaing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
sunardi_hb_dipa_19.pdf | 166.38 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.