Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57776
Title: MODEL PENGEMBANGAN BISNIS SUPERMARKET BERBASIS PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DI KABUPATEN JEMBER
Authors: Adi Prasodjo
Sriono
Keywords: pembelian impulsif
supermarket
pembelian rasional
puas
Issue Date: 11-Jun-2014
Publisher: fak. Ekonomi'13
Abstract: Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis perilaku pembelian impulsif di supermarket Kabupaten Jember. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden yang didapat melalui kuesioner. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelian impulsif tetapi pembeli punya kemandirian untuk menilai kebutuhan atau keinginannya serta mandiri dalam pengambilan keputusan. Persepsi pembeli terhadap produk yang dibeli menyatakan sekitar 98% merupakan pembelian yang rasional, karena yang dibeli merupakan kebutuhan yang segera dipenuhi. Kebutuhan pokok yang menjadi prioritas pembelian juga memberikan makna adanya pembeli atau segmen pasar kelas menengah ke bawah. Pembeli merasakan puas atas pembelian di supermarket dan pembelian impulsif yang dilakukan mendapatkan tanggapan yang positif dari orang. Implikasi pembeli yang merasa puas telah memberitahukan kepada orang lain dan mempengaruhi untuk melakukan pembelian.
Description: Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57776
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adi Prasodjo_hb_boptn_110.pdf188.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.