Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57662
Title: Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional Bidang Fesyen Dalam Menghadapi Modernisasi Pasar Di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri
Authors: Ganesha, Nuz
Poerwanto
Dwi Handini, Yuslinda
Keywords: Kabupaten Kediri
Fesyen
Pedagang Tradisional
Strategi Pemasaran
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Mahasiswa;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilakuakan oleh pedagang tradisional bidang fesyen dalam menghadapi modernisasi pasar di Pasar Pamenang Kabupaten Kediri. Analisis data yang digunakan adalah analisis komprehensif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu : reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan menggunakan matriks konseptual, matriks deskriptif-tertata, dan matriks dinamika situs dari pedagang tradisional bidang fesyen. Teknik pengumpulan data melalui key informan yang ditentukan dengan teknik purpossive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara terbuka secara mendalam (indept interview) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang tradisional bidang fesyen adalah adanya bauran pemasarn (marketing mix), yang terdiri dari produk yang dijual (product) penentuan harga (price), promosi (promotion) dan saluran distribusi (place) yang dimanfaatkan. Dari bauran pemasaran tersebut lebih ditekankan pada penentuan harga yang murah kelengkapan dan keberagaman produk barang dagangan yang dijual (product), barang dagangan yang komplit dan lengkap serta banyak pilihan model dan warna. Hal tersebut merupakan kekuatan dari pedagang tradisional bidang fesyen. Promosi yang dilakukan menggunakan metode komunikasi ritel dengan pelanggan, personal yang tidak dibayar yaitu dari mulut ke mulut (word of mouth). Dalam memanfaatkan saluran distribusi (place) pedagang tradisional bidang fesyen selain menjual barang dagangannya kepada konsumen akhir juga menjual barang dagangannya kepada pedagang yang barangnya dijual lagi, pedagang keliling, dan lain-lain yang dijual kepada konsumen akhir. Hal tersebut dilakukan agar barang dagangannya tetap laku dan meningkatkan volume penjualan dalam menghadapi persaingan usaha.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57662
Appears in Collections:SRA-Social And Politic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nuz Ganesha.pdf337.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.