Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57654
Title: GAMBARAN PENGELOLAAN LIMBAH PUSKESMAS X DI KABUPATEN JEMBER (THE DESCRIPTION OF WASTE MANAGEMENT OF PUBLIC HEALTH CENTRE X IN JEMBER REGENCY)
Authors: Khoiron
Keywords: pengelolaan, limbah medis,limbah nonmedis, puskesmas
Issue Date: 9-May-2014
Abstract: Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan fasilitas kesehatan masyarakat yang berperan dalam penyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Puskesmas mempunyai peran positif dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya melalui upaya promotif, preventif, dan kuratif. Namun, puskesmas juga dapat berdampak negatif, yaitu adanya potensi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan limbah yang dihasilkan dari kegiatan Puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah yang dihasilkan oleh puskesmas X adalah limbah medis dan limbah Non medis, berwujud padat, cair, dan gas. Limbah medis yang dihasilkan berupa spet bekas, jarum bekas, jarum infuse, botol infuse, kapas bekas, ampul, dan obat-obatan. Sampah non medis yang dihasilkan berupa kertas, plastik, daun-daunan, sayuran, nasi. Limbah medis dikumpulkan pada tempat sampah dengan bahan tempat sampah tahan karat, mudah dikosongkan atau mudah diangkut, tidak menimbulkan bising serta tahan terhadap benda tajam dan runcing. Namun tempat sampah yang dimiliki puskesmas X tidak dilapisi kantong plastik. Puskemas telah memisahkan limbah medis dan non medis, namun tidak membedakan limbah medis berdasarkan jenisnya. Sedangkan pengolahan limbah cair dari kamar mandi, dapur, wastafel, dan poli gigi ditampung dalam bak resapan.
Description: SEMINAR NASIONAL 2012 - WASTE MANAGEMENT Waste Management for Sustainable Urban Development Laboratorium Teknologi Pengelolaan Limbah Padat dan B3 Surabaya, 21 Februari 2012
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57654
ISBN: 978-602-95595-4-5
Appears in Collections:Fakultas Kesehatan Masyarakat

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
08 artikel semnas tl its 2012_1.pdf86.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.