Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57643
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAlfiyah, Elis-
dc.contributor.authorJannah, Raudlatul-
dc.date.accessioned2014-05-09T04:55:31Z-
dc.date.available2014-05-09T04:55:31Z-
dc.date.issued2013-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57643-
dc.description.abstractPenggunaan facebook sebagai situs jejaring sosial semakin banyak peminatnya. Terlebih lagi di Indonesia, demam facebook menjadi tren di kalangan muda. Fenomena penggunaan facebook di Indonesia menyebar luas di berbagai wilayah seperti di Kota Jember. Kota ini juga didukung oleh keberadaan fasilitas pendidikan seperti perguruan tinggi negeri yang salah satunya yaitu Universitas Jember. Facebook telah menjadi tren di kalangan muda khususnya mahasiswa. Facebook bagi kalangan muda bukan hanya digunakan untuk menjalin pertemanan, tetapi dalam perkembangannya membuat sebagian dari mereka mengekspresikan diri dan menjadikan facebook sebagai ajang tebar pesona yang mengarahkan pada kesan-kesan tertentu. Facebook menjadi sarana untuk melakukan manajemen kesan dalam facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kesan pengguna facebook yang dilakukan oleh mahasiswa UNEJ berdasarkan teori manajemen kesan Erving Goffman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesan yang ingin ditampilkan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu tergantung pada audience. Kesan yang ingin ditampilkan antara lain kesan sebagai mahasiswa, kesan orang yang berpasangan, kesan orang yang suka travelling, kesan terlihat cantik, kesan galau, kesan terlihat gaul dan kesan orang yang suka olahraga. Dalam memanajemen kesannya tidak lepas dari appearance atau penampilan melalui pakaian, make up, dan barang-barang seperti tas atau laptop, kemudian manner atau gaya yang ditunjukkan melalui ekspresi yang digambarkan dalam foto seperti ekspresi tersenyum,tatapam mata. Serta setting menunjukkan lokasi atau tempat yang mengarahkan pada peran tertentu seperti kampus, tempat wisata, tempat olahraga.dll. Dapat disimpulkan bahwa seseorang dianggap lebih ideal ketika ia mampu berperilaku dan bersikap sesuai dengan pemahaman umum sebagai seorang individu yang selalu berinteraksi dalam kehidupan masyarakat, sehingga pengguna facebook selalu menampilkan dan memanajemen kesan yang baik atau positif di jaringan pertemanannya.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectperan yang diharapkanen_US
dc.subjectpengguna facebook,en_US
dc.subjectmanajemen kesanen_US
dc.titleANALISIS MANAJEMEN KESAN PENGGUNA FACEBOOK IMPRESSION MANAGEMENT ANALYSIS OF FACEBOOK USERen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Social And Politic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Elis Alfiyah.pdf378.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.