Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/57589
Title: ANALISA INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENERBITAN SERTIPIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN JEMBER
Authors: Ari, Sadar
Wasiati, Inti
Suryawati, Dina
Keywords: Kepuasan Masyarakat
Pelayanan Sertipikat
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Pelayanan publik merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan kepuasan masyarakat dalam pelayanan penerbitan sertipikat tanah di Kantor Pertanahan Jember yang dilandasi oleh KepMenPan No.25 tahun 2004 dengan menggunakan 14 indikator. Pengukuran kepuasan masyarakat berfungsi sebagai tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik yang telah dilakukan, selanjutnya dapat digunakan untuk evaluasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 150 kuesioner dari responden yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. Berdasarkan 150 kuesioner yang diambil dalam penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata tertimbang Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember tahun 2013 dihitung secara keseluruhan adalah sebesar 2,82 dengan nilai rata-rata indeks kepuasan sebesar 2,84. Hasil nilai indeks kepuasan masyarakat setelah dikonversi adalah sebesar 70,5 yang berarti mutu pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Jember dalam kategori B yaitu baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57589
Appears in Collections:SRA-Social And Politic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sadar Ari Chandra.pdf329.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.