Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56529
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SEKOLAH I MELALUI PEMBELAJARAN FISIKA TANPA RUMUS |
Authors: | Trapsilo Prihandono |
Keywords: | Bahan ajar, Fisika Sekolah 1,pembelajaran fisika tanpa rumus |
Issue Date: | 28-Mar-2014 |
Abstract: | Matakuliah Fisika Sekolah I adalah salah satu Matakuliah Keakhlian Program Studi (MKKPS) yang berorientasi pada penguasaan materi ajar fisika di sekolah menengah pertama. Mahasiswa Pendidikan Fisika wajib menempuh mata kuliah ini sebagai bekal mereka untuk mengajar mata pelajaran IPA ( Fisika) di sekolah menengah pertama. Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam teori perkembangan berpikir kognitif PIAGET pada tahap remaja, yang belum sepenuhnya menjadi dewasa. Keadaan yang belum sepenuhnya dewasa ini membutuhkan metoda pembelajaran yang lebih spesifik dikarenakan siswa pada usia ini belum mampu untuk diajak berpikir imaginatif secara utuh. Keunggulan metoda mengajar Fisika tanpa rumus adalah siswa lebih diajak berpikir logik realistik tanpa banyak menggunakan rumusan matematik yang rumit, dengan demikian penggunaan metoda ini sangat sesuai dengan pola berpikir siswa seperti dalam teori perkembangan berpikir kognitif piaget. Bahan ajar fisika sekolah 1 yang membahas materi ajar fisika di sekolah menengah pertama perlu di berikan tambahan metoda mengajar yang sesuai dengan tahapan berpikir kognitif siswa. pengembangan materi ajar dengan menggunakan metoda pembelajaran fisika tanpa rumus ini diharapkan dapat menambah bekal mahasiswa pendidikan Fisika lebih mudah mengaplikasikan penerapan pembelajaran fisika di sekolah menengah pertama. |
Description: | SEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBER |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56529 |
Appears in Collections: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Trapsilo Prihandono.pdf | 61.78 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.