Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56526
Title: PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO ASSESSMENT PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR 1 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL
Authors: Sri Wahyuni
Keywords: e-portfolio Assessment, Elektronika Dasar 1, Ketrampilan proses sains
Issue Date: 28-Mar-2014
Abstract: Fungsi dan tujuan mata kuliah elektronika dasar 1 mengisyaratkan bahwa pembelajaran elektronika tidak hanya terbatas pada penguasaan aspek kognitif (pengetahuan), tetapi j uga mencakup pengembangan aspek afektif (sikap dan nilai), serta aspek psikomotor (keterampilan). Agar diperoleh informasi tentang kinerja mahasiswa yang menyeluruh dari mata kuliah elektronika dasar 1, hendaknya didukung oleh suatu penilaian yang dapat mengukur kemampuan mahasiswa secara menyeluruh (holistik). Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan perangkat e-portfolio assessment pada mata kuliah Elektronika Dasar 1 yang berorientasi pada terwujudnya keterampilan proses sains mahasiswa calon guru sekolah bertaraf internasional. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ R & D) dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang direduksi menjadi model 3-D. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa Penelitian ini telah berhasil mengembangkan e-portfolio assesment. Melalui e-portfolio assesment, tanggungjawab pembelajaran dikomunikasikan kepada mahasiswa dan menjadikan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Ketrampilan proses sains mahasiswa bisa terekam secara mendetail karena memanfaatkan e-portfolio assessment yang setiap saat mahasiswa dapat mengetahui hasil belajar melalui web
Description: SEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBER
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56526
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sri Wahyuni.pdf63.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.