Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56522
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRayendra Wahyu Bachtiar-
dc.contributor.authorMuhardjito-
dc.contributor.authorMarkus Diantoro-
dc.date.accessioned2014-03-28T02:08:22Z-
dc.date.available2014-03-28T02:08:22Z-
dc.date.issued2014-03-28-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56522-
dc.descriptionSEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.description.abstractkebermaknaan siswa dalam belajar diindikasikan dengan siswa mampu untuk menyelesaikan berbagai masalah. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah. Selain itu, kemampuan siswa menyelesaikan masalah juga dipengaruhi oleh kemampuan penalaran ilmiah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari tingkatan kemampuan penalaran ilmiah siswa. Perlakuan model PBL diberikan kepada 3 kelas eksperimen yang dipilih secara acak dan 3 kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvensional. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar fisika dan data kemampuan penalaran ilmiah dikumpulkan dengan tes penalaran ilmiah. Hasil penelitian adalah: (1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model PBL lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan kemampuan penalaran ilmiah siswa terhadap prestasi belajar fisika, (3) prestasi belajar fisika siswa hypothetical deductive, yang belajar dengan model PBL lebih tinggi daripada model konvensional, (4) prestasi belajar fisika siswa empirical inductive, yang belajar dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada model konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectEmpirical inductive, hypothetical deductive, PBL, penalaran ilmiah, prestasi belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMAN 5 MALANGen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rayendra Wahyu Bachtiar.pdf61.55 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.