Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56518
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Maryani | - |
dc.date.accessioned | 2014-03-28T02:02:05Z | - |
dc.date.available | 2014-03-28T02:02:05Z | - |
dc.date.issued | 2014-03-28 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56518 | - |
dc.description | SEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.description.abstract | Fisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi dasar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya siswa dalam mempelajari fisika sering menemui hambatan-hambatan yang disebabkan adanya anggapan bahwa fisika sebagai pelajaran yang sulit dipahami, dan didukung oleh pengajaran fisika yang tidak menarik. Potensi terjadinya miskonsepsi yaitu adanya prakonsepsi siswa, yang bersumber dari pikiran siswa sendiri atau sumber-sumber lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami miskonsepsi terhadap konsep muatan listrik statis. Miskonsepsi terjadi disebabkan oleh ketidakmampuan mahasiswa dalam memaknai konsep muatan elementer pada benda dan hubungan/ interaksi antara satu jenis muatan dengan muatan lainnya. Alternatif upaya untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi diantaranya dengan merancang pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar langsung kepada mahasiswa, misalnya melalui metode demontrasi. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | miskonsepsi, muatan listrik statis | en_US |
dc.title | ANALISIS MISKONSEPSI MUATAN LISTRIK STATIS PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Maryani.pdf | 61.88 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.