Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56460
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMiftahul Jannah-
dc.date.accessioned2014-03-27T02:44:56Z-
dc.date.available2014-03-27T02:44:56Z-
dc.date.issued2014-03-27-
dc.identifier.nimNIM080210102003-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56460-
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group time series design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas siswa untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, menggunakan persentase respon siswa untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama diperoleh nilai = 8,322 nilai = 1,995 sehingga > Pertemuan kedua = 10,299 data nilai = 1,995 sehingga > . Pertemuan ketiga = 4,685 data nilai = 1,995 sehingga > . Pertemuan keempat = 10,842 nilai = 1,995 sehingga > . Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari Berdasarkan analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari. (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pakusari tergolong aktif dengan persentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar = 78,11%. (3) Respon siswa setelah pembelajaran fisika menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study disertai metode demonstrasi pada pembelajaran fisika di SMA sangat tinggi sebab hasil persentase respon siswa secara secara klasikal 98,7%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102003;-
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Lesson Study, Metode Demonstrasien_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI LESSON STUDY DISERTAI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Miftahul Jannah - 080210102003_1.pdf258.32 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools