Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/5638
Title: PENGGUNAAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS IV SDN WIROWONGSO 01 KECAMATAN AJUNG TAHUN 2010/2011
Authors: Fajar Surya Hutama
Keywords: STRATEGI PEMECAHAN, MODEL POLYA
Issue Date: 6-Dec-2013
Series/Report no.: 090210204211;
Abstract: Hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan siswa mengalami kesulitan untuk menentukan strategi yang tepat dalam menyelesaikan suatu soal cerita. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan strategi pemecahan masalah model Polya, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika, siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung setelah penerapan pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model Polya? dan Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika, siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung setelah penerapan pembelajaran matematika dengan strategi pemecahan masalah model Polya”. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung melalui strategi pemecahan masalah model Polya. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung, dimulai pada tanggal 18 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung dengan jumlah 37 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, pertemuan pertama adalah pemaparan materi dan pertemuan kedua adalah pelaksanaan tes akhir tiap siklus. vii Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam tes awal, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah model Polya, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5638
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fajar Surya Hutama.pdf3.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools