Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/5518
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDina Helianti-
dc.contributor.authorCholis Abrori-
dc.date.accessioned2013-12-06T02:51:54Z-
dc.date.available2013-12-06T02:51:54Z-
dc.date.issued2013-12-06-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5518-
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractLatar belakang. Sejak tahun 2006 Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) telah menerapkan KBK model SPICES ternyata belum cukup mendorong belajar mandiri peserta didik dan meningkatkan prestasi belajarnya. Mahasiswa FK Unej memiliki karakteristik unik yang memerlukan modul pembelajaran khusus agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan mengembangkan belajar mandiri peserta didik di FK Unej melalui penyusunan modul pembelajaran yang mendorong belajar mandiri mereka. Metoda. Disain penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research) yang terbagi dalam tiga tahap kegiatan tahunan. Pada tahun kedua ini dilakukan penyusunan rancangan modul pembelajaran dengan menggunakan metoda diskusi kelompok terarah terhadap perwakilan dosen dengan triangulasi perwakilan peserta didik dan Nominal Group Technique (NGT) yang menghadirkan pakar bidang ilmu yang sesuai dengan modul terpilih. Selanjutnya dilakukan uji coba modul, evaluasi dan penyempurnaan. Hasil. Hasil akhir dari penelitian ini adalah tersusunnya modul pembelajaran yang efektif dalam mendorong belajar mandiri dan nantinya menjadi prototype untuk modul-modul yang lain. Simpulan. Modul pembelajaran yang disusun berdasarkan karakteristik mahasiswa serta masukan dari mahasiswa dan dosen akan lebih efektif untuk mendorong mahasiswa belajar mandiri dan mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci :en_US
dc.description.sponsorshipHB-2010en_US
dc.publisherFak. Pertanian'10en_US
dc.subjectbelajar mandirien_US
dc.subjectSPICESen_US
dc.subjectmodulen_US
dc.subjectNGTen_US
dc.titlePengembangan Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Kbk Model Spices Pada Program Pendidikan Dokteren_US
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HB_Dina Helianti.pdf182.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.